Sabtu, 02 Oktober 2021

Buka Rekening BSI dan Mengganti Buku Tabungan exBNIS ke BSI

 Selamat Malam, kali ini saya akan cerita pengalaman saya mengenai Ganti buku tabungan rekening exBNISyariah menjadi BSI, 

Sebelumnya saya mempunyai rekening BNI Syariah tapi setelah ada penggabungan dari BRI Syariah, BNI Syariah, dan Bank Syariah Mandiri menjadi satu yaitu berubah nama menjadi bank BSI mengharuskan saya juga untuk migrasi dari exBNIS ke BSI, 

Sebenarnya agak menyayangkan sih karena sudah nyaman menggunakan BNI Syariah dalam setiap transaksi dan karena rekeningnya yang tidak ada biaya admin bulanan begitu berat untuk migrasi ke BSI, sehingga pada bulan bulan awal setelah wacana migrasi saya berfikiran untuk menutup rekening BNI Syariah saya, tapi seiring berjalannya waktu, saya mengurungkan niat untuk menutup rekening BNIS saya,  karena saya juga merasa ingin tahu dan mencoba dari bank BSI, akhirnya pada tanggal 16 Juli 2021 saya mencoba mencari tahu di google tentang cara migrasi rekening exBNIS ke BSI, 

Setelah ada informasi ternyata untuk migrasi bisa lewat online tanpa harus datang ke cabang, setelah itu saya mencoba migrasi lewat Online melalui Chatt WA BSI di nomor 0815-8411-4040
Saya mulai chatt ke nomor tersebut,namun yang jawab hanya pesan otomatis, setelah saya coba masukkan kata kata live atau mengetik sembarangan akhirnya muncul balasan "Sambungkan ke CS" , saya tulis kembali kata tersebut dan akhirnya beberapa menit CS BSI merespon, saya mengutarakan maksud saya untuk migrasi rekening saya dari BNIS ke BSI,
Setelah itu CS memberikan saya bantuan dan menyuruh untuk ketik "Aktivasi BSI Mobile",setelah mengetik kata tersebut muncul link yang bisa diklik yang nantinya ada beberapa permintaan data untuk migrasi diantaranya 
1. NIK
2. Tanggal Lahir
3. Nomor HP terdaftar di rekening

Setelah saya isi ketiga permintaan tersebut saya mengalami kendala, dan sudah beberapa kali mengalami kegagalan karena ada data yang salah, padahal setau saya, saya sudah menginput data dengan benar, karena sudah mencoba beberapa kali gagal akhirnya saya tanya dibeberapa grouf FB mengenai kesalahan proses migrasi lewat online,
 tidak lama saya mendapat informasi bahwa nomor WA yang kita gunakan dalam proses migrasi lewat WA BSI harus menggunakan nomor yg terdaftar direkening bank BNIS, setelah itu saya mengganti nomor wa saya karena sebelumnya saya menggunakan nomor wa yang berbeda, dan saya memulai kembali chatt dengan CS BNI, dengan langsung mengetik "aktivasi BSI Mobile " dan langsung muncul link yang tadi, saya input lagi semua data yang diminta, setelah dikirim ternyata ada balasan bahwa NIK yang saya gunakan berbeda dengan yang terdaftar, pada proses ini saya ulang lagi dengan menginput NIK dengan teliti, tapi tetap gagal, karena merasa heran saya berfikir mengenai kesalahan diproses ini, setelah diingat2  ternyata saya baru ingat bahwa dulu saya dulu tahun 2016 buka rekening BNIS menggunakan NIK KTP lama saya yang belum EKTP karena KTP lama saya dengan EKTP yang baru mengalami perubahan NIK, di NIK EKTP baru ada data data yang salah sehingga NIK saya mengikuti NIK yang baru, 
Kemudian saya mencoba lagi proses migrasi dan menginput NIK lama karena saya masih punya FC ktp lama, setalah saya kirim akhirmya muncul balasan data sesuai, alhamdulillah...
Setelah itu muncul link lewat SMS sebagai verifikasi dalam proses migrasi yang mengaharuskan saya untuk membalas SMS tersebut, dalam proses ini dipastikan harus ada pulza di nomor HP karena permintaan kode aktivasi BSI perlu menggunakan pulza, setelah input kode aktivasi di aplikasi BSI Mobile akhirnya saya bisa masuk ke aplikasi BSI Mobile, dan treeennng nomor rekening yang dulu exBNIS 042060633X harus berubah angka 0 nya berpindah ke belakang menjadi 42060633X0, agak disayangkan sih karena dulu saya sewaktu buka rekening BNIS nomor tersebut hasil request saya ke CS BNIS hehe,,,tapi gak ngaruh ke isi rekeing sih ..
Akhirnya proses migrasi berhasil tanpa harus datang ke kantor Cabang yang jaraknya jauh ditambah saya gak ada waktu ke bank karena kerja, 
Namun setelah proses migrasi ini berhasil, saya belum bisa menerima transfer, dan  transaksi lainnya karena menurut jadwal semua proses tarnsaksi di mobile banking BSI bisa dilakukan serentak pada tanggal 9 agustus 2021, jadi hanya bisa buka aplikasi saja tanpa bisa melakukan transaksi apapaun, namun di mobile banking BNIS ternyata masih bisa digunakan, 
Setelah tanggal 9 Agustus 2021 akhirnya Rekening BSI saya bisa menerima transaksi transfer dll, dan bisa digunakan seperti mbanking bank lainnya, namun untuk mobile banking BNI sudah tidak bisa diakses karen rekening sudah permanen masuk ke aplikasi BSI.
Nah pada tanggal 29 September 2021 saya datang ke kantor exBNIS Cianjur yang sekarang menjadi kantor BSI Cianjur, tempat dulu saya buka rekening BNISyariah,maksud dan tujuan saya ke kantor Cabang untuk mengganti buku tabungan exBNIS dengan buku tabungan BSI yang baru, setelah sampai disana seperti biasa disapa sama satpam dan ditanya mau melakukan transaksi apa, setelah saya jawab mau ganti buku tabungan akhirnya saya diminta untuk mengambil nomor antrian ke CS, gak lama menunggu akhirnya tiba giliran saya, mba CS menyapa dan menanyakan tujuan saya datang kesini, setelah itu saya diminta untuk memberikan buku tabungan exBNIS yang lama, serta kartu ATM, dan EKTP saya, 
Oh iya setelah saya memberikan ketiga dokumen yang diminta CS bertanya kepada saya mengenai kartu ATM BSI saya sudah menggunakan kartu ATM yang baru bukan kartu atm yg exBNIS, terus saya jawab saya melakukan proses migrasi lewat online, dan kebetulan diaplikasi BSI mobile itu ada menu management kartu/permintaan kartu debit BSI, jadi saya mengganti kartu lama saya melalu aplikasi BSI dan pilih kartu sesuai keinginan mau Visa atau GPN, saya order kartu ini dari tanggal 8 September 2021 dan tanggal 15 September 2021 sudah sampai ke alamat saya di Cianjur, jadi prosesnya sangat mudah dikirim lewat kurir JNE dan cepat yang tadinya estimasi 14 hari kerja tapi datang lebih awal kira kira seminggu saja, dan kartu yang dikirim sudah tercetak nama pemilik nya...kerenkan...
 
Kartu ATM BSI Cetak Nama, yang diorder lewat Mobile Banking BSI
 

 
     Setelah itu jadi saya cuman ganti buku tabungannya saja, kalau gak salah saya mengisi formulir ganti buku tabungan dan ttd diatas materai, karena saya gak bawa materai jadi saya bayar 10.000 untuk biaya materai saja, 
Sambil proses penggantian buku tabungan, saya sekalian buka rekening baru lagi, jadi saya pengen punya rekening 2, CS memperbolehkan dan proses pembukaan rekening ini sangat cepat karena saya cuman cukup paraf saja diformulir tanpa harus isi data lagi, karena sudah ada yang lama, saat buka rekening baru ini saya diminta untuk mebayar biaya materai 10.000 dan setoran awal 100.000, 
 Setelah itu saya dikasih dua buku tabungan dan kartu atm baru untuk rekening yang kedua/baru saya, tadinya saya mau order kartu atm yang cetak nama seperti pas saya order lewat aplikasi BSI, ternyata kata CS gak bisa, jadi saya dapat kartu atam GPN Gold biasa, setelah proses ganti buku tabungan exBNIS dan buka rekening baru BSI, saya diarahkan sama CS untuk ke antrian Teller dan membayar uang materai tadi serta setoran awal pembukaan rekening, dan proses pengaktifan pin kartu atm di Teller, 
Setelah dipanggil saya serahkan uang materai, setoran awal, buku tabungan baru, dan kartu atm baru, di teller saya dibantu proses aktivasi pin atm, setelah itu proses selesai, 
Pengalaman ganti buku exBNIS dan buka rekening baru BSI di sini saya dilayani dengan baik, security, CS,dan Teller pun ramah serta pelayanan yang sangat memuaskan, namun ada yang kurang, karena terburu buru dan saya tidak menanyakan lagi, saya kira karena sebelumnya saya sudah aktif Mobile banking BSI dinomor rekening exBNIS, ternyata pas saya cek dirumah nomor rekening yang baru tidak muncul diaplikasi BSI saya, saya tanya CS BSI lewat online ditwitter, ternyata jika nasabah punya dua rekening, harus digabungkan menjadi satu sehingga bisa akses mobile banking dengan kedua nomor rekening tersebut, karena nasabah yang punya dua rekening itu berbeda chip sehingga harus digabungkan,,,yah kirain tadi pas proses buka rekening secara otomatis sudah dugabungkan sama CS ternyata belum, akhirnya saya harus datang lagi dilain waktu ke cabang BSI,,,dan merencanakan untuk cuti kerja lagi hehehe...
demikian cerita pengalaman saya, Terima Kasih......
 
Buku Tabungan BSI
 


Model Kartu ATM BSI



Tidak ada komentar:

Posting Komentar